Bak Fiber Untuk Budidaya Ikan dan Keunggulannya

Budidaya ikan termasuk prospek usaha yang menjanjikan. Adapun salah satu sarana yang bisa dilakukan untuk mendukung usaha budidaya ikan tersebut ialah penggunaan bak fiber. Bak fiberglass ini banyak dipilih masyarakat untuk membudidayakan ikan karena memiliki banyak keunggulan. Dengan menggunakan bak fiberglass, anda dapat memantau perkembangan ikan yang anda pelihara tersebut. Penggunaan bak fiberglass untuk budidaya ikan ini telah banyak direkomendasikan.

bak fiber
Bak Fiberglass

Sebelum anda menggunakan bak fiber tersebut, ada beberapa faktor yang sangat penting untuk anda perhatikan. Salah satu faktor tersebut ialah luas bak. Bak fiberglass yang anda gunakan tidak boleh terlalu sempit. Hal ini dikarenakan bisa menghambat pertumbuhan ikan. Selain itu, benih ikan yang dikembangkan pada satu bak fiberglass, ketika sudah mulai besar perlu untuk dipindahkan. Ada baiknya bak fiberglass tersebut disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan supaya ikan dapat tumbuh maksimal.

Keunggulan Bak Fiber

Dalam hal pembudidayaan ikan, bak fiber memiliki banyak keunggulan sehingga menawarkan berbagai keuntungan kepada anda. Berikut adalah keunggulan bak fiberglass untuk budidaya ikan selengkapnya.

  • Ringan
Baca Juga :  Kolam Fiber Murah Berkualitas Untuk Budidaya Ikan Koi

Bak dengan bahan utama fiberglass terbukti ringan. Dengan keunggulannya ini, anda bisa memindahkan atau mengaturnya sesuai keinginan. Hal ini tentu saja berbeda dengan kolam permanen yang terbuat dari semen yang memang tidak dapat dipindahkan. Meski ringan, namun bak fiber ini mempunyai kekuatan yang sangat bagus, tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Dengan begitu, anda tak perlu khawatir meski diletakkan di luar ruangan. Bak fiberglass ini juga tidak mudah retak ataupun bocor.

  • Efisien

Selain ringan, ukuran bak fiberglass ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda bisa menentukan lebar, tinggi, serta panjang bak sesuai keinginan. Desain bak fiberglass pun dapat ditentukan, seperti halnya menambahkan beberapa tempat ijuk guna meletakkan telur ikan. Bak fiberglass ini sangat praktis jika dibandingkan dengan kolam dari semen. Bak fiberglass ini juga bisa diletakkan dimana saja tanpa perlu menggali tanah terlebih dahulu.

  • Bervariasi

Bak fiberglass ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bervariatif, mulai dari ukuran yang besar hingga kecil. Selain ukuran, bak fiberglass ini juga dihadirkan dalam beragam desain yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Mengingat bahan fiberglass memang mudah untuk dibentuk.

Bak Fiber Untuk Budidaya Ikan

Dalam sistem budidaya ikan, benih harus ditempatkan pada wadah khusus. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses perawatannya. Burayak ikan yang baru menetas dapat dipindahkan ke dalam bak fiberglass lain yang ukurannya lebih kecil. Selain itu, anda juga dapat menyediakan wadah tambahan guna pemeliharaan pakan ikan. Benih ikan yang belum mampu memakan pelet ukurannya besar. Selama kurun waktu beberapa minggu ke depan harus memakan organisme kecil. Keunggulan bak fiberglass lainnya ialah mudah dimodifikasi. Bentuk bak dan fitur dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga :  Tong Sampah Fiber Dalam Berbagai Macam Bentuk

Dibandingkan dengan penggunaan terpal, harga bak fiberglass memang lebih tinggi, akan tetapi anda akan diuntungkan dalam jangka waktu yang sangat panjang. Usia penggunaan terpal relatif lebih pendek, terlebih jika sering terkena paparan sinar matahari. Bentuk bak fiberglass mempunyai komposisi fiber, matrix, dan juga filler. Hal ini memberikan ketahanan lebih terhadap panas maupun api. Walaupun diletakkan di luar ruangan serta bersentuhan dengan lingkungan yang basah, bak fiberglass ini tetap tahan lama. Bak fiberglass ini tetap tahan lama walau tidak mendapatkan perawatan maksimal. Konstruksi dasarnya sangatlah kuat.

pesan via whatsapp Customer Support

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.