Bagaimana Cara Menentukan Harga FRP Tank?

Tangki fiber atau istilah lainnya adalah FRP tank menjadi pilihan favorit mayoritas masyarakat kita karena alasan keawetan. Apalagi bahan atau material fiberglass komposit atau FRP tersebut dikenal memiliki daya tahan yang baik terhadap temperatur dan cuaca yang panas. Sebagai orang yang tinggal di negara katulistiwa kita memang membutuhkan kualitas anti panas seperti itu. Wajar jika harga FRP tank di pasaran mungkin bisa menjadi sangat mahal karena banyaknya permintaan.

Tetapi apakah harga yang dibanderol untuk tangki fiber atau FRP tank tersebut selalu mahal tentu saja tidak. Mahal atau murah sebenarnya bukan semata terletak pada jumlah nominalnya saja melainkan juga sepadan tidaknya dengan kualitas yang akan kita peroleh. Mungkin memang banyak tersedia juga tangki FRP dengan harga murah tetapi kurang awet sehingga Anda harus membeli lagi yang baru. Bukankah hal seperti itu justru lebih boros dan membuang waktu Anda.

Jadi memang sebaiknya Anda jangan hanya mempergunakan harga FRP tank murah atau mahal saja sebagai pertimbangan saat membeli. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghitung harga tangki tersebut yaitu sebagaimana penjelasan dari kami Hard Fiberglass di bawah ini.

Baca Juga :  Tangki IPAL Hotel Mutu Terjamin Harga Miring

 

harga FRP tank
Water Tank FRP, Hard Fiberglass.

 

Menghitung Harga Tangki FRP

Kapasitas dan Ukuran Tangki

Untuk bisa menentukan berapa harga dari tangki FRP sebelumnya harus dihitung terlebih dahulu berapa kapasitas dan ukuran yang dibutuhkan. Tentu saja kapasitas dan ukuran ini nantinya akan mempengaruhi seberapa banyak panel fiber yang dibutuhkan untuk membuat tangki. Jika ukurannya lebih kecil otomatis kebutuhan panelnya juga lebih sedikit itu artinya harganya akan menjadi lebih murah. Begitu juga sebaliknya, ukuran besar akan butuh lebih banyak panel sehingga lebih mahal.

Desain Tangki yang Digunakan

Mungkin selama ini Anda belum mengetahui bahwa bentuk dan desain tangki juga akan mempengaruhi harga FRP tank tersebut. Bentuk tangki fiber yang paling umum adalah kotak atau persegi namun tidak menutup kemungkinan karena beberapa hal konsumen membutuhkan desain dan model yang berbeda. Tingkat kesulitan pada model desain yang dipilih akan menentukan harga tangki FRP itu sendiri. Desain yang lebih rumit pengerjaannya tentu saja akan lebih mahal harganya.

Jenis Cairan yang Akan Ditampung

Harga dari tangki FRP juga dipengaruhi oleh jenis cairan yang akan ditampung didalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa jenis cairan yang akan dimasukkan ke dalam tangki akan mempengaruhi keawetannya. Jika hanya digunakan untuk menampung air saja mungkin tangki tidak membutuhkan lapisan tertentu untuk membuatnya lebih awet. Beda halnya jika tangki fiber akan digunakan untuk menampung senyawa atau cairan kimia yang memiliki sifat tertentu.

Baca Juga :  5 Alasan Menggunakan Tangki Panel Fiberglass

Cairan atau senyawa kimia yang disimpan di dalam tangki bisa bereaksi dengan lapisan didalamnya sehingga akan merusak tangki ataupun zat kimia yang ditampung. Pelapisan material tertentu yang berfungsi untuk melindungi cairan dan tangki tentu saja membutuhkan biaya tambahan dan berpengaruh pada harga FRP tank.  Tangki tanpa tambahan lapisan pelindung dan sejenisnya pasti akan berharga lebih murah.

Jalur Distribusi

Untuk bisa ke tangan konsumen tangki membutuhkan “perjalanan” atau proses distribusi. Proses tersebut bukan tanpa biaya terlebih jika jaraknya cukup jauh. Secara mudahnya bisa diumpamakan sebagai ongkos kirim meskipun distribusi sebenarnya bukan hanya sebatas pada hal tersebut.

Toko atau penjual dimana Anda membeli tangki FRP pastinya membutuhkan sarana transportasi untuk bisa sampai ke lokasi pemasangan. Semakin jauh jaraknya bisa jadi harga FRP tank akan menjadi lebih mahal. Masih ditambah jika akses yang harus dilewati termasuk sulit.

pesan via whatsapp

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.