Daftar Komponen Prosesor Dalam System Bio Septic Tank

Bio septic tank sangat diminati masyarakat kebanyakan dibandingkan dengan septic tank konvensional. Karena septic tank jenis ini terbukti lebih ramah lingkungan dan tidak akan mencemari air tanah. Tinja dan urin yang merupakan limbah manusia harus diolah terlebih dahulu sebelum air limbah dialirkan ke selokan umum. Septic tank bio system berfungsi dengan sempurna sehingga bakteri jahat yang terdapat di limbah tersebut benar-benar hilang. Berikut uraian tentang komponen prosesor system septic tank bio beserta fungsinya.

bio septic tank system
Bio Septic Tank 500 Liter.

Komponen Prosesor Sistem Bio Septic Tank

Media Filter Awal

System septic tank bio terdiri dari 3 sekat yang mengemban peran yang berbeda-beda. Sekat pertama juga bisa disebut dengan Media Filter Awal. Setelah tinja atau urin masuk ke dalam toilet, maka selanjutnya akan menuju media ini dengan bantuan siraman air.

Dalam media ini limbah padat dalam bentuk tinja tersebut akan melalui proses penyaringan atau filter. Filter yang biasanya berbentuk semacam sarang lebah akan memastikan tinja berpisah dengan air kotor. Jika ada limbah padat yang tidak difilter maka akan mengganggu proses sterilisasi air kotor tersebut.

Baca Juga :  Bio Septic Tank Indonesia Dengan Fitur Terlengkap

Tinja yang terpisah dari air kotor akan mengendap sempurna hingga menjadi padat. Untuk menguraikannya butuh waktu yang tidak sebentar. Tugas menguraikan limbah padat ini biasanya dilakukan oleh mikroba yaitu Bakteri Anaerob.

Filter Air Kotor

Setelah air kotor terpisah secara sempurna dengan tinja, maka selanjutnya air limbah tersebut mengalir menuju sekat kedua yaitu Filter Air Kotor. Dalam sekat ini terdapat alat untuk memfilter air kotor yaitu Bio Ball atau bola-bola filter. Alat ini akan memastikan bahwa air kotor tersebut menjadi bersih dan siap untuk langkah berikutnya.

Filter Pengurai Bakteri

Setelah air limbah disaring pada sekat Filter Air kotor, selanjutnya air yang sudah hampir bersih tersebut menuju filter berikutnya. Filter ini disebut Filter Pengurai Bakteri dimana air diuraikan kandungan bakterinya. Pada system septic tank bio, penguraian bakteri bisa dilakukan dengan menggunakan tablet bakteri konsentrat. Tablet ini akan secara aktif menguraikan bakteri.

Air kotor yang telah masuk pada sekat/media ini akan dihilangkan kandungan bakterinya. Selain itu bakteri ini juga bisa mengurai tinja sehingga menjadi hilang sama sekali. Jadi menggunakan bio septic tank tidak menuntut harus sering dikuras. Proses penguraian bakteri dengan metode biokimia membuat produk ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :  Pabrikan dan Distributor Bio Septic Tank Berkualitas Terbaik

Media Disinfektan

Setelah bakteri dalam air kotor diuraikan, maka air tersebut mengalir menuju selokan atau pembuangan air. Namun sebelum itu air tersebut akan disterilkan dari bakteri jahat yang berbahaya. Dalam media ini bakteri akan dibunuh dengan disinfektan hingga benar-benar aman untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

Demikianlah komponen prosesor yang dimiliki oleh bio septic tank. Komponen-komponen yang tergabung dalam sistem yang modern ini akan memastikan air limbah benar-benar aman. Aman untuk manusia serta tidak akan mencemari lingkungan sekitar.

pesan via whatsapp

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.