Tangki Fiberglass Dalam Proses IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)

Tangki kini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tak hanya bisa digunakan untuk menampung persediaan air, tangki juga banyak dimanfaatkan untuk menampung cairan kimia dan lain sebagainya dalam berbagai industri. Untuk bisa melakukan fungsinya dengan maksimal, tangki harus dibuat dari bahan yang berkualitas. Adapun bahan berkualitas yang digunakan dalam pembuatan tangki ialah fiberglass. Tangki fiberglass ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat baik.

tangki fiberglass IPAL
Tangki Fiberglass

Setiap industri pada umumnya akan selalu memerlukan pasokan air bersih. Disamping keperluan tersebut, maka ada juga pembuangan air yang berupa limbah yang berasal dari proses produksi. Maka dari itu, tangki fiberglass ini memiliki peranan yang sangat penting. Terlebih lagi, biaya yang perlu anda keluarkan untuk mendapatkan tangki fiber berkualitas ini tak terlalu banyak. Pasalnya, harga tangki berbahan fiberglass berkualitas tinggi ini terbilang terjangkau.

Penggunaan Tangki Fiberglass

Tangki fiberglass banyak juga dimanfaatkan dalam IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Tangki berbahan fiberglass tersebut akan dibutuhkan untuk menampung air sebelum diolah atau digunakan, proses pengolahan air limbah, sampai air bersih hasil olahan. Jenis tangki berbahan fiberglass ini berbeda dengan jenis tangki yang lainnya. Tangki berbahan fiberglass atau yang juga dikenal dengan nama tangki panel membawa desain yang sangat fleksibel.

Baca Juga :  Harga Tangki Septic Tank Lengkap Dengan Spesifikasinya

Jenis tangki ini mampu mengikuti kebutuhan dari tiap penggunanya. Tak terkecuali untuk beragam sektor industri. Hal ini dikarenakan jenis tangki berbahan fiberglass atau tangki panel ini bisa dipasang mulai dari satu m3 sampai puluhan bahkan ratusan m3. Dengan alasan inilah mengapa jenis tangki berbahan fiberglass atau tangki panel dapat dikatakan sangat cocok dalam IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) di berbagai sektor industri.

Penggunaan tangki berbahan fiberglass ini sangat cocok dan awet. Anda tidak perlu membeli tangki dalam waktu yang dekat karena tangki ini tahan lama dalam waktu pemakaian yang sangat lama. Anda tentu saja dapat menghemat anggaran. Terlebih lagi, penempatan tangki berbahan fiberglass ini terbilang mudah dipasang. Letak penempatannya pun bisa diletakkan dimanapun, baik di atas gedung, atas tanah, maupun ditanam di dalam tanah.

Sistematika Tangki Fiberglass IPAL

Tangki dengan bahan fiberglass terbukti mumpuni untuk digunakan dalam instalasi pengolahan air limbah. Air yang telah tercemar bahan kimia yang keluar dari polusi air lalu dialirkan ke tempat instalasi dan diolah dalam 5 tahap. Untuk lebih jelasnya, anda baca saja sistematika berikut ini.

  1. Air limbah ditampung di tangki besar yang mengandung pasir untuk mengendapkan limbah air ada di dalam air.
  2. Setelah didiamkan beberapa waktu lalu air limbah hasil pengendapan dialirkan ke tangki yang berisi kerikil sebagai pengendapan kedua.
  3. Langkah selanjutnya, air dari tangki pengendapan kedua dialirkan ke tangki yang mengandung eceng gondok supaya semua zat kimia berbahaya limbah dapat diserap eceng gondok.
  4. Keluar dari tangki berbahan fiberglass yang berisi eceng gondol, maka air selanjutnya disaring kembali.
  5. Hasil penyaringan ini dialirkan pada tangki berbahan fiberglass yang berisi ikan. Setelah itu, ikan nantinya akan diamati perubahannya. Apabila tidak ada perubahan, maka bisa disimpulkan bahwa air hasil penglahan limbah sudah bersih dan juga bisa dialirkan untuk digunakan.
Baca Juga :  Tangki Septik Biofilter BioComp Terbukti Paling Unggul

Tangki panel fiberglass bersifat netral dan tidak akan terpengaruh maupun mempengaruhi apapun yang ada di dalamnya. Dengan begitu, jenis tangki ini tidak hanya bisa digunakan untuk sektor industri saja, melainkan juga bisa digunakan untuk kebutuhan rumahan.

pesan via whatsapp Customer Support

Related Post

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.